Usaha dan Daya
Secara umum, kata usaha/kerja digunakan untuk
menjelaskan aktivitas yang berbeda, fisik dan mental, yang dilakukan orang
sehari-hari. Dalam fisika, kerja secara spesifik adalah gerakan dan perpindahan
yang menghasilkan sebuah gaya.
Kerja dikatakan sudah dilakukan ketika gaya menghasilkan
gerakan.
Kerja (Usaha) = Gaya
x jarak perpindahan yang searah gaya
W =
F x d
Kerja merupakan besaran skalar. Satuan usaha dalam SI adalah joule (J).
Satu joule usaha telah dilakukan bila sebuah gaya satu
newton memindahkan sebuah benda melalui jarak satu meter yang searah gaya.
Kamu
sudah mengetahui bahwa energi dan usaha diukur dalam joule.Ketika kita
melakukan usaha , energi digunakan. Jumlah kerja yang dilakukan adalah energi
yang ditransfer atau digunakan.
Definisi kerja mengatakan kepada kita bahwa tidak ada kerja yang dilakukan kecuali sebuah gaya menyebabkan sebuah benda berpindah. Dengan kata lain, jika tidak ada perpindahan yang terlihat, tidak ada kerja yang dilakukan. Atlet angkat besi pada gambar di atas, sudah melakukan kerja ketika ia mengangkat beban dari tanah. Tapi, ketika ia berdiri dan menahan beban,dia tidak melakukan kerja meskipun terlihat payah menahan beban.
Menurut kamu pemain gitar Alibata, apakah melakukan kerja, bagaimana proses usahanya sampai dia menghasilkan energi bunyi di gitarnya, coba jelaskan bro !
Tabel berikut memperlihatkan jenis-jenis nilai
usaha untuk kegiatan usaha yang berbeda.
Kegiatan |
Gaya |
Jarak tempuh |
Usaha yang dilakukan |
Membuka Laci |
10 N |
0,2 m |
2 J |
Menutup Pintu |
15 N |
1,0 m |
15 J |
Mengangkat Tas |
30 N |
0,5 m |
15 J |
Melempar Bola |
10 N |
5,0 m |
50 J |
Menaiki tangga |
500 N |
4,0 m |
2000 J |
Contoh 1
Berapa kerja yang dilakukan ketika sebuah kotak
didorong dengan gaya 20 N melewati jarak horizontal 3,0 m (perhatikan gambar) ?
Solusi :
Kerja yang dilakukan = F x d
=
20 N x 3,0 m
=
60 J
Contoh 2
Sebuah balok kayu ditempatkan pada bidang permukaan yang kasar. Jika gesekan antara balok dengan bidang datar 6 N, berapa kerja yang dilakukan untuk memindahkan balok melalui jarak 1,5 m ?
Solusi :
Gaya yang dibutuhkan untuk memindahkan balok =
Gaya yang dibutuhkan untuk mengatasi gesekan
= 6 N
Usaha yang dilakukan =
F x d
= 6
N x
1,5 m
= 9,0 J
Contoh 3 :
Seorang siswa mengangkat sebuah kotak yang beratnya 50 N melewati ketinggian vertikal 1,1 m lalu berjalan horizontal 2 m pada kelajuan konstan pada saat memegang kotak (lihat gambar). Berapa kerja yang dilakukan siswa ?
Solusi :
Gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat balok = Berat kotak = 50 N
Kerja yang dilakukan = F x d
=
50 N x 1,1 m
= 55 J
Untuk gerak horizontal, karena tidak ada
percepatan, gaya horizontalnya nol. Usaha yang dilakukan kearah horizontal sama
dengan nol
Kerja total yang sudah dilakukan = 55 J.
Daya
Sebuah mobil dengan daya penuh dapat dipercepat
daripada mobil yang tanpa daya penuh. Dengan kata lain, mobil dengan daya penuh
dapat bekerja lebih baik dalam energi kinetik umumnya, pada kelajuan yang lebih
cepat.
Daya didefinisikan sebagai
kelajuan dalam melakukan kerja
Ini sama saja dengan kelajuan perubahan energi
dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
Satuan SI untuk daya adalah watt (W). satu watt sama dengan satu joule per sekon
(1 W = 1 Js-1)
Kadang-kadang kita mendengar orang berbicara
tentang membeli AC dengan spesifikasi : satu daya kuda, dua daya kuda, dan
seterusnya. Kata ”Daya Kuda” digunakan sebelum satuan SI dikenalkan. Satu daya
kuda (1 horse power = 1 hp) sama dengan 750 W. Tabel berikut memperlihatkan
beberapa jenis nilai daya.
Sumber |
Daya |
Radio Bola lampu menyala Atlit berlari Mesin mobil Mesin lorri Mesin pesawat jet Stasiun Daya |
3 W 60 W 400 W 50 kW 200 kW 500 kW 2000 MW |
Salah satu cara untuk menghitung daya yang kita miliki adalah dengan menghitungnya ketika kamu menaiki tangga (lihat gambar). Untuk menghitungnya, kamu harus mengetahui berat badanmu dan tinggi tangga. Hasilnya bisa kamu lihat dari contoh berikut.
Contoh 1 :
Seorang anak mempunyai berat 500 N dan dapat
berlari menaiki tangga dalam waktu 10 detik. Terdapat 30 tangga dan setiap
tangga tingginya 16 cm. Hitung daya anak itu !
Solusi :
Jarak vertikal yang harus dinaiki = 30 x
0,16 m
=
4,8 m
Kerja yang dilakukan = Gaya
x jarak perpindahan
=
500 N x 4,8 m
=
2400 J
Contoh 2 :
Sebuah lift di pertokoan dapat naik maksimum
dengan kapasitas 20 orang , dan dapat naik setinggi 10 m dalam waktu 8 detik..
Lift tsb dan total penumpangnya mempunyai massa 1600 kg. Berapa daya dari motor
lift itu ?
Solusi :
Gaya yang dipakai lift = m.g
= 1600 kg x 10 N kg-1
= 16 000 N
Usaha
= Gaya x Jarak
= 16 000 N x 10 m
= 160 000 J
Kegiatan Kelompok (jangan > 5 orang , kan lagi pandemi):
Energi pada Ayunan Sederhana.
Bayangkan kamu sedang bermain ayunan. Apa yang
tejadi bila temanmu menghentikanmu dengan cara menahan tali ayunan di
tengah-tengah, ketika kamu melewati
titik terendah ? Apakah kamu langsung berhenti atau masih bergerak sampai kamu
mencapai ketinggian maksimum ?
Alat dan Bahan :
-
Sebuah
pendulum
-
benang
wol ( 1 m)
-
penggaris
-
kertas
grafik
-
Batang
statif vertikal dan penjepit
-
Klem
penjepit ke batang, yang panjangnya 30 cm
Membuat Hipotesa :
Pelajari gambar di samping.Bagaimana situasi gambar tersebut dengan penjelasan ayunan yang kamu naiki ? Buatlah hipotesa tentang apa yang terjadi pada gerakan ayunan dan tinggi akhirnya jika suatu penghalang menghentikan ayunan ini.
Tujuan :
1. Buatlah ayunan untuk membandingkan perubahan
energi potensial
dan
energi kinetik ketika ayunan berhenti.
2. Ukur tinggi awal dan tinggi akhir dari pendulum
atau beban.
Perencanaan Eksperimen.
1. Setiap kelompok, menuliskan hipotesa , tentukan
langkah-langkah
yang
kamu butuhkan. Buat secara terperinci.
Buat juga daftar
kebutuhan
yang kamu perlukan.
2. Jika kamu membutuhkan tabel data, rencanakan dalam buku ipa mu
Langkah Kerja :
1. Rangkai peralatan seperti gambar. Pastikan
batang
penghalang menghalangi tali ayunan.
2. Cari cara untuk mengukur ketinggian awal dan akhir
dari
pendulum. Catat tinggi awal dan tinggi akhir di dalam tabel
3. Pastikan kapan
kamu melepaskan beban dari ketinggian yang
sama.
4. Cobalah
ayunan pertama baik di atas atau di bawah batang penghalang. Berapa kali kamu mengulangi setiap
ayunan untuk memperoleh hasil yang lebih baik?
5. Pastikan
guru kamu setuju dengan rencanamu dan kamu memiliki catatan perubahan yang disarankan dalam
rencanamu.
Melakukan Eksperimen :
1. Lakukan eksperimen sesuai rencana
2. Pada saat eksperimen, catat hasil observasimu
dalam tabel.
Analisis dan Aplikasi :
1. Pada
saat pendulum lepas dari ketinggian yang sama dari penghalang, apakah tinggi
akhir sama dengan tinggi awalnya ?
Diskusikan penemuan ini dengan menjelaskannya mengapa bisa terjadi atau
tidak terjadi .
2.
Prediksikan apa yang terjadi jika tinggi mula-mula lebih atas dari penghalang ?
3. Analisa
perubahan energinya. Pada posisi yang mana pendulum memiliki energi kinetik
terbesar atau energi potensial terbesar?
Langkah
berikutnya :
Apa yang
akan terjadi jika massa pendulum/beban ditambah ? Coba lakukan
eksperimennya.
Apa efeknya jika massa beban bertambah , apakah
ayunannya
berhenti atau berkurang ?
Kalau memungkinkan, dibuat video presentasimu ya...
I. Pilihan Ganda
1. Kemampuan
untuk melakukan usaha disebut ....
a. daya b. energi c. gaya d. kerja
2. Satuan energi dalam SI adalah . . . .
a.
dyne c. newton
b. joule
d. watt
3. Energi
yang dimiliki benda karena posisinya disebut energi ....
a. potensial b.
kinetik c. mekanik d.
termal
4. Ketika sebuah pegas direntangkan dengan tangan
kemudian dilepas kembali, maka perubahan energi yang terjadi adalah….
a. Energi mekanik menjadi energi kinetik
b. Energi potensial menjadi energi kinetik
c. Energi kinetik menjadi potensial
d. Energi mekanik menjadi energi potensial
5. Perhatikan gambar!
a. energi gerak → energi bunyi → energi listrik
b. energi gerak → energi listrik → energi panas
c. energi kimia → energi panas → energi listrik
d. energi kimia → energi listrik → energi gerak
Sumber soal : Soal UN Fisika SMP 2009
6. Perhatikan
gambar rangkaian bola lampu senter!
a. Energi kimia-->energi kalor-->energi listrik+cahaya
b. Energi listrik-->energi kimia-->energi cahaya+energi kalor
c. Energi listrik-->energi kimia-->energi kalor + energi cahaya
d. Energi kimia-->energi
listrik-->energi cahaya+energi kalor
Sumber soal : Soal UN Fisika SMP 2010
7. Peristiwa yang menggambarkan perubahan energi
potensial pegas menjadi energi kinetik adalah....
a.buah mangga jatuh dari pohonnya
b. busur yang direntangkan melepaskan anak panah
c. lampu yang dinyalakan dengan baterai
d. aki yang sedang diisi
8. Pada saat pemakaian aki terjadi perubahan
energi ....
a. kimia menjadi listrik
b. listrik menjadi kimia
c. kimia menjadi panas
d. panas menjadi kimia
9. Pada saat pengisian aki terjadi perubahan
energi ....
a. kimia menjadi listrik
b. listrik menjadi kimia
c. kimia menjadi panas
d. panas menjadi kimia
b. 500 J
c. 495 J
d. 475 J
Sumber soal : Soal UN Fisika SMP
11. Perhatikan gambar! Besarnya usaha yang dilakukan oleh Andi dan Toni agar mobil bisa berpindah sejauh 4 meter jika gaya kedua anak itu masing-masing 50 N dan 70 N adalah....
a. 80 joule
b. 200 joule
c. 280 joule
d. 480 joule
Sumber soal : Soal UN Fisika SMP
12. Seorang sopir menarik mobil yang mogok seperti
pada gambar, sehingga mobil tersebut berpindah sejauh 1000 cm. Besarnya usaha
adalah....
a. 250 joule
b. 1.000 joule
c. 2.500 joule
d. 250.000 joule
Sumber soal : Soal UN Fisika SMP
13. Sebuah
kotak mendapatkan gaya ke kanan sebesar 36 Newton dan mendapat ke kiri sebesar
X Newton sehingga kotak bergeser ke kanan sejauh 5 meter. Jika usaha total yang
bekerja pada kotak adalah 120 joule, maka nilai X adalah....
a. 6
b. 8
c. 9
d. 12
Sumber soal : Try out online Fisika usaha dan energi
Fisikastudycenter.com
14. Sebuah
balok bermassa 2 kg meluncur pada lantai yang licin. Jika kelajuan balok adalah
10 m/s, maka energi kinetik balok adalah....
a. 5 joule
b. 8 joule
c. 20 joule
d. 100 joule
Sumber soal : Try out online Fisika usaha dan energi
Fisikastudycenter.com
15. Buah
kelapa yang bermassa 2 kg tergantung pada pohon yang tingginya 8 m. Jika
percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2, maka energi potensial buah
kelapa adalah....
a. 20 joule
b. 80 joule
c. 160 joule
d. 220 joule
Sumber soal : Try out online Fisika usaha dan energi
Fisikastudycenter.com
16.
Seorang anak mendorong tembok, usaha yang dilakukan anak tersebut adalah . . .
.
a. tetap
c. 0
b. berubah-ubah d. 0,6 J
17. Sebuah
peluru bermassa 0,01 kg ditembakkan dengan kelajuan 200 m/s.
Energi
kinetik peluru adalah ....
a. 4 Joule
b. 200
Joule
c. 400 Joule
d. 800 Joule
18. Sebuah benda 1 kg berada pada
ketinggian 70 m. Percepatan gravitasi di tempat itu adalah 10 m/s2. Energi potensial benda
tersebut adalah ....
a. 0,7 Joule
b. 7,0 Joule
c.
70,0 Joule
d. 700,0 Joule
19. Aji
melakukan usaha untuk mengangkat karung semen sebesar 250 J dalam waktu 100 sekon. Besar daya Andi adalah . . .
.
a. 1 watt
c. 2 watt
b. 1,5 watt d. 2,5 watt
20. Sebuah mobil
bermassa 100 kg berubah kelajuannya dari 50 m/s menjadi 60 m/s dalam waktu
5 sekon menempuh jarak 200 m. Besar usaha yang dilakukan adalah ....
a. 2 × 104 Joule
b. 4 × 104 Joule
c. 6 × 104 Joule
d. 8 × 104 Joule
21. Satuan daya
adalah ....
a. watt c.
Nm
b. Joule d.
N
22. Energi yang
diserap lampu pijar selama 100 sekon adalah 1500 J. Daya lampu pijar itu adalah.....
a. 1500 watt c. 100 watt
b.
1400 watt d. 15 watt
23. Dua orang anak sedang melakukan lomba tarik tambang. Gaya A 200 N kekanan dan B
175 N kekiri.
Kedua anak bergeser 3 meter, maka besarnya usaha yang dilakukan adalah..............Joule.
a. 373 b.200 c. 175 d.75
24. Sebuah bolam lampu dengan daya 600 watt, mampu
menghasilkan energi sebesar 300 J. Lama bolam lampu menyala adalah...........
a. 0, 5
sekon b. 240 sekon c.360 sekon d.18000 sekon
25. Seekor
burung dengan massa 10 kg terbang dengan kelajuan 8 m s-1 . Berapa
energi kinetiknya ?
a. 40 J b. 80 J c. 320 J d. 640 J
26. Sebuah
generator yang portabel menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya, digunakan
untuk menyalakan lampu. Yang mana dari berikut ini merupakan perubahan energi
selam proses berlangsung ?
a. kinetik -> kimia -> listrik -> cahaya
b. kimia -> kinetik -> listrik -> cahaya
c. listrik -> kimia -> kinetik -> cahaya
d. kimia -> listrik -> kinetik -> cahaya
27. Sebuah balok yang massanya 5 kg lepas dari
ketinggian 4 m pada permukaan bidang miring tanpa gesekan. Jarak yang ditempuh
10 m. Berapa energi kinetik balok di dasar bidang miring ?
a. 20 J b. 50 J c. 200 J d. 500 J
28. Sebuah gaya 30 N bekerja pada sebuah benda sehingga benda bergerak dengan kecepatan tetap 3 m/s sepanjang permukaan horizontal. Daya yang terjadi adalah
a. 90 W
b. 33 W
c. 27 W
d. 10 W
29. Sebuah bola dilepaskan dari keadaan diam dari samping rel berbentuk kurva seperti terlihat pada gambar. Hambatan udara dan gesekan diabaikan, yang mana dari pernyataan berikut ini, yang benar ?
I. Kecepatan bola di C sama dengan di A
II. Bola mempunyai energi potensial
maksimum di B
III. Bola tidak akan mencapai ketinggian di D
a. hanya III
b. I dan III
c. II dan III
d. I, II dan III
30. Sebuah
mobil berjalan sepanjang trek tanpa gesekan dari sebuah roller coaster. Pada
titik yang mana mobil mencapai kecepatan maksimum ?
a. A b.
B c. C d. D
II. Isilah
1. Energi didefinisikan sebagai
.........................................................................
2. Tidak semua energi dapat langsung digunakan, sehingga pemanfaatan energi
menggunakan konsep ...............................
3. Energi mekanik adalah
energi yang dimiliki suatu benda berkaitan dengan ...................... Energi
mekanik terdiri dari .............................. dan
.........................................
4. Energi potensial adalah energi yang
disebabkan oleh ...........................dengan rumus....................
5.Energi kinetik adalah energi
yang dimiliki benda karena kelajuannya. Rumusnya ......................
6.Hukum kekekalan energi
menyatakan bahwa energi tidak dapat ......................................atau
................................., melainkan hanya dapat diubah dari suatu
bentuk ke bentuk lain.
7.Usaha adalah perkalian
antara gaya yang bekerja dengan besarnya ..................................Dalam
kaitannya dengan energi, usaha merupakan ......................................
8. Daya adalah
besarnya...........................atau perubahan .....................yang
terjadi tiap satuan waktu.
9.Daya sebuah lampu adalah 40
W. Energi pada lampu selama 2 menit
adalah......................J
10.Seorang anak perempuan
dengan massa 50 kg lari menaiki tangga setinggi 8 meter. Waktu yang ia perlukan
20 detik. Maka daya yang ia miliki................W
III. Essay
1. Apa
yang dimaksud dengan energi-energi berikut ini?
a. energi mekanik
b. energi potensial
c. energi kinetik
2.
Jelaskan pengaruh massa dan ketinggian pada energi potensial suatu benda!
3. Jelaskan
pengaruh massa dan kecepatan pada energi kinetik!
4. Sebuah benda dijatuhkan tanpa kecepatan
awal dari ketinggian 70 m. Ketika ketinggian benda 10 m, hitunglah kecepatan
benda pada saat itu!
5. Tuliskan contoh-contoh dalam kehidupan
sehari-hari yang menunjukkan bahwa energi
tidak hilang, tetapi berubah menjadi bentuk energi lain!
6. Apa
yang dimaksud usaha?
7. Tuliskan contoh kejadian-kejadian dalam
sehari-sehari yang sering dianggap sebagai usaha, tetapi bukan merupakan usaha dalam IPA!
8.
Bagaimana hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan?
9. Seorang anak menarik meja bermassa 12 kg sejauh 4 m. Hitunglah usaha
yang diberikan anak itu!
10.Sebuah benda yang sedang bergerak
mempunyai energi kinetik 500 Joule. Benda tersebut dipercepat hingga energi
kinetiknya 800 Joule. Hitunglah usaha yang dilakukan benda tersebut!